13 Wisata di Lombok, Hanya 1.5 juta Termasuk PP Jakarta - Lombok

Hallo kawan - kawan
 Apa kabar kalian? Rasanya sudah lama saya tidak menulis cerita perjalanan saya. Karena lagi sibuk kerja dan juga beberapa trip kemaren. Tentunya saya akan menceritakan semua perjalanan yang sudah saya lakukan.

 Alhamdulillah 2 minggu yang lalu tgl 01 juli 2018 saya berkesempatan mengunjungi pulau nusa tenggara Barat Tepatnya Lombok. ( Salah satu destinasi impian saya) Lombok ini terkenal dengan banyaknya mesjid disetiap kota ataupun desanya, tidak heran kalo kota ini dijuluki dengan kota seribu mesjid. Kemana saja si saya selama di lombok?

Hari Pertama setelah sampai Bandara International Lombok, Saya dijemput oleh teman. Sebelum sampai kepenginapan saya mengunjungi sebuah mesjid yang tidak jauh dari bandara Yaitu :

1. Wisata Rohani ( Mesjid Islamic Center Lombok )

 Mesjid Islamic Center adalah Mesjid Termegah dan Terbesar setelah Mesjid Raya At - Taqwa, Mesjid Tersebut terletak di kelurahan selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Mesjid ini berkapasitas sekitar 20.000 Jamaah. Memiliki 5 menara dan kubah besar yang berdiri tegak.

Hari kedua mulailah kita menjelajahi tempat wisata yang ada di NTB. Sungguh sangat banyak tempat - tempat indah di Lombok Tersebut. Saya memutuskan untuk mengunjungi Lombok Tengah terlebih dahulu. Dari Senggigi ke lombom tengah mencapai 1.5 jam perjalanan menggunakan motor ataupun mobil. Tergantung kecepatan kalian membawa kendaraannya. Jalanan yang sudah cukup bagus karena proyek mandalika yang dikelola oleh pemerintah. ini dia tempat wisata di Lombok Tengah yang saya datangin :

2. Desa Wisata Sasak Sade


 Desa Wisata Sasak Sade adalah sebuah Desa dengan kekayaan Budaya Tradisional penduduk asli Lombok yaitu Suku sasak. Atau sebuah perkampungan yang masih mempertahankan keaslian dan kebudayaan sasak lama, Sejak pemerintah kerajaan Pejanggik di Praya, Kabupaten Lombok Tengah sampai saat ini.

 Desa Sasak Sade terdiri dari 150 KK dan 715 jiwa yang sebagian besar menganut Agama Islam. Rumah disini terbilang unik, yakni atap rumah yang terbuat dari jerami, dinding rumah terbuat dari bambu. Keseharian penduduk Sasak sade bercocok tanam, dan menenun. Hasil tenunannya sudah sangat terkenal loh. Jadi tidak heran kalau wisatawan datang kesini slalu membeli souvenir berupa tenun.


 Cerita unik dari pemandu yang mendapingi saya keliling. Bahwa disini terdapat pohon cinta. Saya begitu penasaran dengan pohon cinta tersebut. Seperti apa si bentuknya? Pikir saya pohon cinta ini berbentuk hati. Ketika saya sudah sampai di pohon cinta, ternyata prediksi saya salah. Pohon tersebut seperti pohon umumnya, tidak ada perbedaannya. Namun ceritanya yang berbeda.

Pohon Cinta

 Pohon Cinta menjadi Saksi Bisu Bertemunya Pasangan Kawin Lari sebelum lari bersama. Karena Pernikah di Desa Sasak Sade ini tidak seperti pernikahan pada tempat lain umumnya. Ada 2 kemungkinan pernikahan yaitu Kawin Lari ( untuk yang saling Cinta ) atau Kawin Paksa ( bila gadis tidak Cinta ) yang keduanya dimulai dari penculikan.

 Untuk masuk ke desa wisata sasak sade ini tidak dipungut biaya, kalian hanya membayar seikhlasnya dan dimasukin kedalam kotak yang sudah disediakan disana. Kalian hanya perlu mengeluarkan uang untuk parkir kendaraan.

3. Pantai Batu Payung

Anak - anak yang bolak balik Pantai Tanjung Aan - B


 Pantai Batu Payung adalah sebuah Pantai yang memiliki Batu tinggi yang tegak dan menyerupai Payung, letak pantai ini sebelah selatan Pantai Tanjung Aan. Pantai tersebut berbeda dengan pantai lainnya yakni tidak memiliki pasir seperti pantai umumnya. Namun anda jangan khawatir karena pantai ini memiliki bebatuan yang cukup lumayan lebar untuk kita mengambil photo atau santai - santai sekitaran pantai tersebut. Pantai ini tidak berpenghuni karena tidak ada tempat untuk warga membangun rumah atau tempat berjualan. Tetapi ada beberapa warga dan anak kecil yang sering bolak balik pantai ini, mereka hanya menjual buah kelapa muda. Satu buah kelapa muda harganya sangat terjangkau yakni hanya 10.000 saja.

Santai sambil menikmati kelapa muda

 Yang aku suka dari pantai ini adalah warganya yang sangat baik dan ramah. Anak kecil yang ada diphoto tersebut menginspirasi saya bahwa hidup ini harus tetap dijalani apapun dan bagaimanapun keadaan kita saat ini. Mereka cukup bahagia dengan kehidupan yang mereka jalani saat ini. Walau mereka harus bolak - balik mengunjungi pantai ini, dengan ikhlas mereka membantu orang tuanya menjajakan kelapa muda. Hal unik dari mereka adalah semangatnya dan juga imajinasi yang mereka keluarkan untuk pengunjung yang datang. Salah satu imajinasi mereka adalah ketika pengunjung datang selalu exited untuk mengarahkan gaya ketika berphoto. Contohnya seperti photo kita seolah - olah sedang memeluk batu, berciuman dengan batu, mengangkat batu dan lain - lainnya. Karena keasikan melihat tingkah - tingkah anak tersebut sehingga aku tidak melakukan photo seperti yang mereka arahkan.

Bermain bersama anak - anak

 Anak - anak tersebut juga mempunyai cita - cita yang sangat bagus loh. Sempet aku tanya beberapa anak itu salah satunya bercita - cita menjadi guide surfing dan juga Arsitek. Semoga kelak dewasa kalian bisa mencapai semua cita - cita kalian yaa.

Around Pantai Batu Payung

 Akses menuju Pantai Batu Payung sangat mudah dicapai. Ada 2 jalur yakni jalur darat dan juga jalur laut. Jalur darat kita bisa berjalan kaki kurang lebih 30 menit melewati bukit. Jalur laut kita dapat menyewa perahu warga setempat, harga yang ditawarkan tidak begitu mahal menurut saya yakni 150.000 - 250.000 di nego aja saayyyyy.

 Karena teman saya ada yang gak kuat jalan kaki akhirnya kami menyewa perahu dengan harga 150.000 ber 6 setelah dinego. Murah banget kan? 150.000 : 6 = 25.000/org
Untuk kalian yang mau berkunjung kesini diharapkan untuk membawa makanan dan minuman yang cukup.

4. Pantai Tanjung Aan

Ayunan di pantai tanjung Aan

 Pantai Tanjung Aan adalah sebuah pantai yang dikelilingi oleh perbukitan. Pantai Tanjung Aan tempat pertama kali Puteri Mandalika tersebut langsung berhadapan dengan Samudra Hindia loh. Pantai Tanjung Aan sangat unik dengan Pasirnya, karena pasir disini berbentuk seperti merica. Ketika kaki menyentuhnya ada rasa geli - geli gimana gitu.

Pasir Merica Pantai Tanjung Aan

 Pantai Tanjung Aan airnya sangat jernih dan tenang sehingga aman untuk berenang dan juga snorkling. Namun ketika waktu menuju sore air akan berubah menjadi pasang dan bisa anda gunakan untuk main surfing. Di Pantai ini sudah banyak pedagang yang mebangun warung dipinggir pantai, pasilitas seperti Toilet dan Tempat duduk atau Gajebo sangat mudah dikunjungi. Jadi kalian gak usah takut Kelaperan yaa guys. Hahaha

5. Bukit Merese

Spot Instagrameble Bukit Merese


 Bukit Merese adalah Sebuah bukit yang berada di Lombok Tengah. Pemandangan yang ditawarkannyapun tidak tanggung - tanggung. Dari atas Bukit Merese kalian bisa melihat luasnya Pantai Tanjung Aan dari ketinggian serta Pantai Batu Payung. Di Bukit Merese ini kalian bisa menikmati sunrise ataupun sunset. Kebetulan waktu saya berkunjung kesini sudah siang dan mataharipun sudah berada diatas kepala. Sayapun tidak menyempatkan waktu untuk melihat sunset di Bukit tersebut, sebab mengejar beberapa destinasi yang wajib dikunjungi. Rumput di Bukit Merese sesang kuning - kuningnya karena faktor kemarau. Tapi tetap indah ko dan bikin jatuh cinta.


 Bukit merese sering di pakai untuk syuting film ataupun syuting iklan. Bahkan properti untuk film masih tersisa sampai saat ini loh. Yaitu pohon galau. Pohon galau ini tumbuh besar dan sekarang sudah mati sehingga daunnya gugur bertebaran. Namun dengan begitu menambah cantiknya bukit merese. Sekarang pohon galau itu menjadi hits dan hal wajib banget untuk mengambil photo dipohon tersebut.

 Untuk mencapai bukit ini kalian harus melewati pantai tanjung Aan. Dari pantai tanjung aan trecking 10 menit saja. Jalanannya gampang tidak curam ataupun terjal. Sambil berbincang sama teman - teman kalian dijamin gak bakalan terasa naik bukit dech. Jadi waktu yang baik menikmati Bukit merese ini pagi hari atau sore hari. Biar kalian dapat menikmati sunrise atau sunset.


6. Pantai Mawun


 Pantai Mawun merupakan pantai yang sangat unik dan indah. Kiri kanan pantai ini di kelilingi oleh bukit - bukit dan juga pepohonan. Bentuk pantai yang menerupai tapak kuda membuat ombak menjadi tenang. Sehingga cocom untuk berenang. Jika kalian ingin surfing juga bisa tetapi kalian harus jalan ke ujung pantai ini. Disana kalian akan menemukan ombak yang cukup besar. Disetiap bibir pantai disediakan Gazebo dan juga kursi malas lengkap dengan payungnya. Pepohonan yang rindang membuat susana pantai ini menjadi adem. Banyak pedagang atau warung kecil yang berjualan minuman, jagung bakar serta makanan kecil lainnya.

 Waktu terbaik berkunjung ke pantai mawun yaitu dari pagi sampe sore. Pastikan anda membawa makanan dan minuman. Sebab kalo anda berlama - lama disini dan memesan makanan dan minuman akan memberatkan dompet kalian. Terkecuali kalian membawa uang banyak. Hahahaha

7. Pantai Selong Belanak


 Pantai Selong Belanak gak kalah kerennya dengan pantai - pantai yang sudah saya datengin sebelumnya. Pantai ini juga memiliki perbukitan yang mengapit pantai, sehingga ombaknya cukup tenang. Pantai selong belanak dijadikan sebagai pantai untuk belajar surfing untuk semua kalangan. Jika kalian ingin belajar tapi tidak membawa peralatan surfing? Anda bisa menyewa disekitaran pantai ini.

 Pantai Selong Belanak memberiku surprise yang tidak bisa saya ucapkan dengan kata - kata. Waktu sore hari tiba, muncul segerombolan kerbau dari utara pantai Selong Belanak. Dan ini surprisenya, sangat jarang banget bahkan saya belum pernah melihat kejadian yang seperti ini. Sungguh nikmat tuhan yang mana lagi yang kau dustai.


 Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai selong Belanak ini pagi hari dan sore hari. Kalian pasti ketemu sama kerbau tersebut. Kalo pagi mereka pergi untuk di gembala dan sore harinya mereka pulang. Dan sore hari kalian bisa menikmati sunset walau tidak sepenuhnya tetapi kamu bisa menyaksikan warna ke orangean langit yang dipantulkan oleh matahari.

Biaya hari Ke dua

Bensin PP = 25.000
Parkir dan tiket masuk Pantai Batu payung = 5.000
Sewa perahu ke pantai Batu Payung = 25.000
Parkir dan Tiket Masuk Pantai Tanjung Aan dan Bukit Merese = 5.000
Parkir dan Tiket Masuk Pantai Mawun = 5.000
Parkir dan Tiket Masuk Pantai Selong Belanak = 5.000
Total = 70.000
Biaya makan bisa disesuaikan dengan porsi masing - masing ya guys. Pokonya dalam sehari gak menghabiskan 100rb kok buat makan dan minum. Terkecuali kamu yang doyan makan mungkin bisa lebih

 Hari Ke 3 di Lombok saya kembali mengunjungi Lombok Tengah. Kali ini saya mengunjungi Air Terjun yang sudah Sangat Terkenal sampai Mancanegara serta mencoba wisata yang menantang. Untuk sampai kelokasi membutuhkan waktu kurang lebih 2 - 3 jam dari senggigi. Dan ini dia keseruan saya dihari ketiga.

8. Rafting


 Tiba dilokasi saya langsung berganti pakaian untuk rafting. Dari Bascamp Rafting ketempat star kita disediakan mobil pik up untuk menuju lokasi. 15mnt kurang lebih kita sampai dengan jalan yang sedikit rusak serta menurun. Ini gunanya mobil pik up biar bisa nanjak dan turun dengan kondisi jalan yang cukup dibilang susah dijangkau mobil pribadi


 Setalah sampai saya bertemu dengan 2 orang yang siap memandu saya selama rafting. Nama sungainya adalah . . . Jarak tempuh kita 5km dengan estimasi waktu 2 jam. Aliran sungai saat itu tidak deres sehingga membuat perahu kita banyak tersangkut. Namun saya tetap enjoy dengan team yang gokil dan gila abis.


 Dari panjangnya aliran sungai yang saya lewati terdapat 3 tantangan yang curam. Tantangan pertama dengan ketinggian 3 meter dan tantangan 2 dengan tinggi 2.5 meter yang ke 3 ini paling curam 5 meter dan membuat jantung saya merasa mau copot. Walau terbilang arusnya cukup kecil tetapi bikin dag dig dug serrrr.


 Pemandangan disepanjang aliran sungainya sangat indah. Kiri kanan terdapat persawahan dan juga ladang kebun milik warga setempat. Pepohonan kelapa yang berjejer menjulang tinggi sepanjang pinggir sungai ini menambah kemanjaan mata memandang.

 Sangat disarankan kalau kalian ingin merasakan sensasi yang lebih dari saya. Datang dan coba lah disaat musim hujan. Untuk biayanya hanya 250.000 / orang sudah termasuk makan siang setelah rafting

9. Benang Stokel Waterfall


 Benang Stokel merupakan Air Terjun yang berada dikaki Gunung Rinjani. Air Terjun Benang Stokel memiliki 2 buah air terjun sehingga mereka tidak kesepian. Tidak seperti saya yang jomblo. Hahaha


 Konon air terjun ini bisa mempercantik kulit dan wajah kalau kita berendam di bawah air terjun tersebut. Aliran yang menyerupai gumpalan Benang Stokel ini tingginya kurang lebih sekitar 30m. Aliran sebelah kanan lebih deres dibanding aliran sebelah kiri. Tapi untuk kalian yang doyan main air sangat aman kok. Sayangnya disini pasilitas Toilet umumnya tidak ada. Sehingga untuk berganti pakaian kalian harus pakai sarung atau sembunyi - sembunyi.


 Akses menuju tempat ini harus trecking menuruni ratusan anak tangga. Sekitar 30 menit dari parkiran. Jangan khawatir rasa lelah akan terbayarkan ketika kamu sampai di lokasi Air Terjun Benang Stokel.
Waktu yang baik untuk mengunjungi lokasi ini kalian bisa datang dari pagi sampai sore.

10. Benang Kelambu Waterfall


 Selain Benang Stokel Waterfall, dikawasan ini juga terdapat Air Terjun Benang Kelambu yang sangat fenomenal alias Viral. Pemandangan yang di tawarkan Benang Kelambu tidak Kalah menariknya loh. Air Terjun Benang Kelambu lebih menyerupai Tirai atau Gorden yang ada dirumah kita loh.


 Uniknya lagi Air Terjun yang keluar seolah - olah muncul dari rerumputan yang berada disekitaran mata air. Kalian bisa banget berenang disini. Karena sudah dibentuk kolam dari alirannya tersebut.


 Untuk menuju lokasi Air Terjun Benang Kelambu ini kalian bisa berjalan kaki sekitar 1km atau 1 jam. Jika kalian tidak sanggup berjalan kaki. Kalian bisa menggunakan jasa ojek yang berada tepat di pintu gerbang masuk Air Terjun tersebut. Harganya cuma 20.000 saja itu sudah termasuk pulang pergi dan dianterin ke 2 lokasi air terjun yaitu Benang Kelambu dan Benang Stokel.

 Waktu yang baik mengunjungi air terjun tersebut mending kalian berangkat dari pagi. Supaya bisa datang ke 2 air terjun tersebut. Rugi rasanya kalau cuma 1 air terjun saja. Hehehe

Pengeluaran hari ke Tiga

Bensin PP = 25.000
Rafting = 250.000
Parkir dan Tiket Masuk = 10.000

Total = 285.000

Hari ke 4 di Lombok saya mencoba menjelajahi Lombok Utara. Yang lebih dekat dengan Gunung Rinjani. Jarak yang ditempuh membutuhkan waktu yang cukup lumayan lama yaitu 2 - 3 jam. Tetapi lamanya perjalanan dan membuat rasa lelah menjadi hilang ketika sudah sampai dilokasi. Dan ini dia keindahan yang ada di Lombok Utara :

11. Sendang Gile Waterfall


 Sendang gile waterfall adalah Air Terjun pertama yang saya temuin di Lombok Utara tepatnya di Desa Senaru. Untuk mencapai lokasi ini anda harus trecking menuruni anak tangga yang konon katanya berjumlah 1000 anak tangga. Kurang lebih 20 menit anda bisa langsung melihat ke indahan Air Terjun Sindang gile. Air terjun sindang gile mempunyai 2 undakan alias 2 tingkat. Air terjun tersebut berasal dari aliran Danau Sagara Anak yang berada di Puncak Gunung Rinjani.

 Air yang jatuh tersebut dipercaya mampu menyembuhkan sakit pinggang ketika kita mandi dibagian air jatuhnya. Alirannya sangat deras, bagi kalian yang tidak kuat menahan jatuhan airnya, bisa berenang disekitaran air terjun tersebut.

12. Tiu Kelep Waterfall


 Selain Air Terjun Sindang Gile kalian juga bisa menikmati Air terjun Tiu kelep. Air Terjun tiu Kelep berada disekitar Sindang Gile. Hanya membutuhkan waktu 15menit. Dengan kondisi jalan yang mudah diakses serta menanjak, pastinya membuat kita merasa lelah. Nakun rasa lelah akan hilang ketika sudah sampai dilokasi.

 Air Terjun Tiu Kelep menurut saya Air Terjun yang sangat bagus. Mempunyai banyak mata air yang deres sehingga membentuk tirai yang besar. Sungguh keindahan yang tidak ada duanya. Jika dioerhatikan dari pantulan air yang jatuh seakan - akan menghasilkan warna seperti pelangi. Sayangnya waktu saya berkunj3ung kesini begitu sangat ramai pengunjung.


 Waktu yang baim mengunjungi Air Terjun tersebut adalah pagi hari. Diusahakan hari weekday. Karena hari weekend air terjun tersebut akan di penuhi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

 Untuk tiket masuknya begitu sangat terjangkau. Hanya cukup mengekuarkan Rp 5.000/ orang untuk lokal dan untuk touris hanya Rp 10.000 rupiah saja. Parkir 5.000 motor dan mobil 10.000. Kalian sudah bisa menikmati air terjun yang begitu cantik.

13. Rinjani Lounge

 Rinjani Lounge adalah sebuah Restoran yang tidak jauh dari Lokasi 2 Air Terjun tersebut. Restoran yang bernuansa alam dan menawarkan pemandangan persawahan dari atas membuat poin plus untuk pengunjung yang datang kesini.

 Rasa lelah karena sudah mengunjungin ke 2 air terjun, Rinjani Lounge adalah Restauran yang tepat untuk bersantai dan istirahat sekaligus mengisi tenaga untuk melanjutkan perjalanan selanjutnya.

 Rinjani Lounge sangat kumplit dengan pasilitasnya. Mulai dari Toilet, Gajebo dan Juga Lesehan. Yang uniknya lagi restauran Rinjani lounge ini terdapat kolam renang dengan pemandangan Alam yang begitu Cantik. Pengunjung yang datang dibebaskan untuk berenag ataupun sekedar berphoto.

14. Bukit selong


 Bukit Selong berada percis dibawah kaki Gunung Rinjani. Jalur menuju bukit selong ini sejalur dengan pos pendakian gunung rinjani yaitu via sembalun. Tak heran jika sepanjang oerjalanan menuju bukit selong sering kita jumpai para pendaki yang menggendong tas besar biasa disebut carier. Rasa dalam hati sayapun muncul keinginan untuk mendaki Gunung Rinjani. Namun waktu tidaklah berpihak kepada saya.


 Pemandangan yang ditawarkan bukit selong begitu indahnya. Hamparan persawahan dan perkebunan warga yang berbentuk kotak - kotak menyerupai keramik membuat saya ingin berlama - lama disini. Bukit - bukit yang mengelilingi persawahan, perkebunan dan rumah - rumah warga menambah exotisnya bukit selong.

 Sebelum mencapai bukit selong kita akan di pertemukan dengan rumah adat. Rumah adat yang sudah berumur puluhan tahun ini memang sengaja tidak direnovasi. Umurnya yang sudah lama membuat bangunan ini terlihat kumuh dan sudah mau runtuh.

 Dibukit selong tersebut sudah dibangun 3 spot photo, 1 spot rumah pohon dan 2 spot selfie dack berbentuk bintang. Keren banget si, tapi kalian harus hati - hati ketika hendak mau mengambil photo disini. Sebab kayunya sudah mulai tidak kokoh lagi. Sedikit bergoyang - goyang. Untuk berphoto disini kalian tidak perlu mengeluarkan biaya lagi alias gratiiiissss sepuasnya.

 Waktu terbaik mengunjungi bukit selong ini disore. Karena kita bisa menikmati matahari tenggelam alias sunset. Kesyahduan warna langit yang dipantulkan matahari hendak tenggelam itu mampu menenangkan hati yang lagi sepi. Tapi inget jangan lompat ya guys. Sangat tidak dioerbolehkan. Hahahaha

Pengeluaran hari ke 4

Bensin pp = 50.000
Parkir dan tiket air terjun = 10.000
Parkir dan tiket bukit selong = 10.000

Total = 70.000

 Total pengeluaran selama 4 hari dilombok

 Jadi total keseluruhan yang harus kalian keluarkan untuk tiket masuk dan bensin selama di lombok hanya menghabiskan 425.000 jika dihitung dengan makan selama 4 hari bisa dihitung 800.000

 Untuk kendaraan dan penginapan, saya tinggal dan menggunakan motor teman saya yang berada disana jadi tidak mengeluarkan uang untuk penyewaan. Namun saya kasih tau nih buat kalian yang gak ada kendaraan bisa sewa untuk motor 2 hari 1 malam harganya 70.000 untuk detailnya kalian bisa tanya - tanya pada kawan saya disana
Hub saja langsung diinstagram
@frasa.rasa.asa
Mereka membuka travel juga kok buat kalian yang pengen terima beres selama dilombok langsung aja hub mereka yaa.

Tiket PP Jakarta - Lombok

 Kalau kalian menggunakan pesawat sekitar 1.300 - 1.500
Jika kalian menggunakan angkutan darat dan air kalian bisa menggunakan kereta dari pasar senen ke surabaya pp = 218.000
Surabaya - banyuwangi pp = 184.000
Kapal ferry legundi Sby - lbk pp = 174.000

Total = 576.000

Jika ada yang kurang jelas langsung komen saja yaa di kolom komentar

Komentar

  1. Ka ...kalau kita mau kesana lewat jalur travel minimal harus brapa orang ka...? Saya pengen bawa semua temen2 saya ksana d acara ulang thn saya nanti tgl 9

    BalasHapus
  2. pengen ke bukit Selong, kayaknya seruuuu - vandtastic

    BalasHapus
  3. ajak aku jalan jalan dong

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

XL GO IZI Sahabat Traveling Yang Terbaik

7 Tempat Wisata Murah dan Masih Sepi Di Bandung

9 Destinasi murah di Lampung, selama 3 hari Cuma 125 ribu