7 Tempat Wisata Murah dan Masih Sepi Di Bandung

Hallo kawan - kawan
Apa kabar?
Semoga kabar kalian baik - baik saja ketika sedang membaca Blog saya ini.

 Sekarang menulis tentang beberapa tempat wisata yang ada di Bandung yang telah saya datangin. Siapa si yang gak tau Bandung? Saya yakin kalian semua tau kota bandung.

BANDUNG

 Bandung adalah sebuah kota yang berada di Provinsi Jawa Barat. Kota Bunga adalah sebutan lain Kota Bandung. Tidak disangka Kota Bandung sekarang sudah bisa dibilang sangat maju. Dari mulai Gaya Hidup, Kuliner dan pariwisatanya. Alhamdulillah saya diberi kesempatan untuk mengunjungi kota Bandung ini. Banyak sekali tempat - tempat yang wajib banget dikunjungi. Dari mulai tempat wisatanya antara lain Tangkuban Perahu, tebing keraton, air terjun Pelangi, Kawah Putih, The lodge maribaya dan farm house.

 Nama tempat yang saya sebutkan diatas adalah tempat wisata yang menjadi icon kota bandung. Tidak heran jika kebanyakan orang yang berkunjung kebandung tidak akan melewati tempat wisata tersebut. Beda lainnya dengan saya, saya beberapa kali berkunjung kebandung tapi tidak pernah mampir ketempat tersebut, karena menurut saya sudah terlalu ramai. Maka saya mencari sisi lain tempat wisata dibandung yang gak kalah kerennya. Diantaranya

1. Air Terjun Brubrug



 Air Terjun Brubrug adalah air terjun yang berada di Lembang tepatnya di jl. Kolonel masturi, desa kertawangi, kec. Cisarua, kab. Bandung Barat. Air Terjun tersebut letaknya tidak jauh dari Air Terjun Pelangi atau Cimahi. Bahkan satu aliran yaitu sungai Cimahi. Air Terjun Bubrug memiliki ketinggian kurang lebih 50 mtr dan memiliki kolam yang dalamnya mencapai 3 - 4 meter. Debit airnya lumayan besar sehingga menimbulkan suara Brug , Brug , Brug. Mungkin Curug ini dinamakan Curug Bubrug karena suara yang dihasilkan dari jatuhnya air seperti itu. Brubrug adalah bahasa sunda yang artinya Bertumpuk. Namun sayang sekali curug tersebut sudah tidak bisa dikunjungi oleh wisatawan. Tidak tau pasti penyebabnya apa? Namun kata warga setempat curug tersebut akan di renovasi. Semoga cepet dibuka kembali yaa. Supaya bisa dinikmati oleh wisatawan dan bisa menghasilkan uang untuk warga sekitar. Dibawah ini beberapa photo di Curug Brubrug





2. Air Terjun CiAseupan

 Air terjun ciaseupan adalah air terjun yang berada di paling tengah sebelum curug bubrug. Masih satu aliran yaitu aliran sungai Cimahi. Dari curug bubrug tinggal naik kratas dengan jalan yang menanjak sedikit hancur tapi aman. Sepanjang jalan menuju curug ini selalu disuguhi dengan berbagai perkebunan sayur dan kebun bunga milik petani setempat. Kurang lebih 15 mnt kalian akan nyampe di parkiran curug tersebut. Nama plangnya adalah curug tilu leuwi opat. Dan curug tersebut sudah dikelola oleh taman nasional sehingga namanya menjadi Ciwangun Indah Camp (CIC). Dikawadan Curug Tersebut mempunyai area yang sangat luas sehingga bisa digunakan untuk kegiatan outdoor seperti camp ceria. Harga tiket masuk nya cukup murah yaitu 10.000/org dan 2.000 untuk parkir motor. Di area CIC ini mempunyai sekitar 3 curug. Jaraknya bermacam - macam. Namun jika kalian ingin ke curug ciAseupan maka kalian harus rela mengeluarkan Biaya lagi sebesar 10.000/org. Karena kita harus melewati tangga besi yang sudah disiapkan pengelola. 10.000 tersebut tidak tau pasti untuk pembayaran apa? Karena saya tidak menanyakan nya. Jika mau kesini datanglah dihari weekday karena pengunjung sepi jika hari weekend datanglah dipagi hari sebelum yang lain datang. Jadi total masuk kearea CIC ini sebesar 22.000/orang dan ini dia photo - photonya





Dolan Bareng = @sisadoe @siacong @bistailham_

3. Curug Air Panas

 Ada yang unik di Bandung. Umum nya Curug atau Air Terjun itu airnya dingin dan menyegarkan. Namun Curug yang satu ini Airnya Begitu hangat, sehingga nyaman untuk berendam lama - lama disini. Namun cuacanya begitu dingin. Air yang hangat dan cuaca yang dingin menjadi satu dalam area ini. Sungguh kenikmatan yang HQQ. Curug Air Terjun Cipanas ini terletak di kp. Sukajaya, Parompong, Kec. Lembang, kab. Bandung Barat. Waktu berkunjung yang enak itu ya diweekday pagi. Susananya enak banget untuk berendam. Fasilitas disinipun sudah lengkap. Dari mulai toilet yang banyak banget serta warung - warung warga yang berada disekitar area tersebut. Air terjun Cipanas ini memiliki 3 kolam yang kedalaman nya cuma 1meter - 1.5 meter selutut orang dewasa.

 Warna air panas tersebut biru. Mungkin ini aliran kawah dari gunung tangkuban perahu yang berada di atas air tersebut. Sehingga menjadi air panas dan sedikit bau blerang. Buat kalian yang mau kesini diharap membawa peralatan mandi untuk membersihkan setelah berendam
Tiket masuknya cuma 10.000/orang dan 5.000 untuk parkir motor.



                           



Dolan bareng = @sisadoe @siacong @bistailham_

4. Tebing keraton

 Tebing keraton adalah sebuah bukit yang mempunyai jurang berkedalaman urang lebih 50 - 100 meter. Pemandangan dari atas sini sudah tidak diragukan lagi oleh smua orang. Hamparan pepohonan dan kebun - kebun warga sangat memanjakan kedua kelopak mata kita. Disini biasanya orang berburu sunrise. Sunrise yang begitu indah dapat dilihat dari tebing keraton. Beberapa gunung disekitarpun terlihat jelas dari tempat tersebut. Cuaca pagi sangat dingin. Buat kalian yang akan berburu sunrise diaini wajib banget memakai jaket tebal. Tebing keraton ini tidak pernah sepi pengunjung nya. Seperti yang saya katakan tebing keraton adalah salah satu icon wisata kota bandung diantara yang lainnya. Maka hampir sebagian orang akan mengunjungi tempat tersebut ketika sedang berada di Bandung. Disekitar tebing keraton waktu saya berkunjung kesana ada spot unik namanya pohon jomblo. Karena pohonnya sendiri warga instagramers bandung menyebutnya pohon jomblo.

 Tiket masuk tebing keraton 12.000/org dan parkir motor 5.000






Pohon jomblo



Dolan bareng = @fakirpiknik @siacongs 

5. Jembatan Rel kereta Api Mati

 Tidak di sangka - sangka sebuah jembatan kereta api yang sudah tidak terpakai ini menjadi tempat untuk berphoto extream. Bagaimana bisa tidak extream? Dibawahnya jurang sekitar 50 - 75 meter. Kalau tidak berhati - hati bisa jatuh mungkin langsung meninggal. Ngeri banget si. Tapi jembatan kereta api ini sangat keren untuk mengambil photo. Sehingga banyak orang yang tertarik mengunjunginya. Lokasi jembatan rel kereta api ini desa andir jl. Raya soreang ciwidey. Kec. Soreang kab. Bandung. Tidak ada tiketing untuk masuk sini kecuali kotak amal yg diisi seikhlasnya saja.






6. Situ Cileunca

 Situ Cileunca adalah sebuah danau yang luasnya mencapai 1.400 hektar. Tempat ini masih asri dan sejuk karena di kelilingi pepohonan yang rindang serta perkebunan teh. Warna air danau tersebut biru dan airnya sangat tenang. Tidak heran jika wisatawan lokal ataupun luar kota datang ketempat ini. Danau ini juga di jadikan Pembangkit Listrik Tenaga Air ( PLTA ) loh. Pengairannya melalui sungai parahyangan. Situ Cileunca Terletak di Desa wanasari. Kec. Pangalengan. Kab. Bandung. Jika kalian ingun menikmati sunrise juga bisa loh. 

Harga tiketnya cukup murah yaitu 2.500/org dan 2.000 parkir motor 3.000 parkir mobil





7. Kebun nenek sisadoe

 Kebun nenek sisadoe adalah nama yang pas untuk perkebunan yang ada di daerah parompong Bandung ini. Kenapa dinamakan begitu? Sebab yang pertama kali hunting dan menemukan spot tersebut adalah sisadoe. Tidak semua orang bisa  masuk ke kebun tersebut. Karena kebun tersebut adalah sebuah padang savana yang digunakan untuk latihan para TNI. Sehingga jika kita ketahuan sama mereka pasti dimarahin atau gak di auruh push up. Pemandangan nya keren yang terdiri dari beberapa pohon cemara serta rerumputan hijau yang tumbuh disekitar lokasi membentuk sebuah padang savana. Rumput yang tumbuh mencapai sepinggang. Sehingga harus berhati hati ketika mengunjungi tempat ini. Ngeri ada uler dan hewan - hewan lainnya. Untuk tiketnya masih free parkirpun ditempat ladang milik warga. Tapi aman ko. Lokasinya gak jauh dari CIC hanya beberapa menit terus belok kiri nyampe dech jalan dikit keatas. Maka langsung terlihat savana nya. Ini dia photo - photonya. Yakin gak mau main kesini?








Bonus ketika explore Bandung

 Bonus yang saya dapatkan dari perjalanan saya selama di Bandung. Yaitu ketemu banyak teman baru dan mereka adalah teman - teman dari instagram. Berawal dari sosial media dan kita bertemu di dunia nyata. Jadi bijak - bijak lah menggunakan sosial media. Karena banyak keuntungannya loh. Dan ini photo - photo meet up di Bandung




Dan bagi saya mereka ada sosok orang yang sangat keren. Saya banyak belajar dari mereka. Mereka orang yang banyak di kenal.
Diantaranya :
@chepybennington - Bandung
@nizaramrullah - Bandung
@purnamarafli_ - Bandung
@fawwazalkautsar - Bandung
fidz92 - Bandung
@apitooo - Bandung
@arifdollbf - Garut
@novapry - Bandung
@buang.waktu - Madiun
@mahesaflashh - Bandung
@sisadoe - Bandung
@siacongs - Bandung
@meilamariyah - Bandung
@katnis___ - Bandung
@rinamstf - Bandung
@lilisnurfadila - Garut
@emmaltfh - Bandung
Dll

 Sekian cerita saya ketika mengunjungi kota bandung. Sebenarnya masih banyak tempat yang wajib banget kalian datangi ketika dibandung. Next kalo saya kebandung saya akan ceritakan lagi di next Bandung part 2 ya guys. Soalnya kemaren saya kebandung cuma 3 hari saja. Semoga tulisan ini bisa menambah destinasi kalian ketika kebandung ya guys.

NB : Jika kalian tidak mengetahui pasti lokasinya kalian bisa menggunakan google maps atau bisa hub teman saya yang ada di atas. Mereka adalah warga lokal yang tahu banyak mengenai tempat wisata dibandung. Mereka juga mempunyai banyak followers di instagramnya. Jadi kalian jangan ragu yaa guys

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

XL GO IZI Sahabat Traveling Yang Terbaik

9 Destinasi murah di Lampung, selama 3 hari Cuma 125 ribu